ANGKARAKU APPAREL

Rabu, 18 Agustus 2010

Matahari Kembar dan Parhelic Circle

Info  :  Fenomena Matahari Kembar dan Parhelic Circle
Page : Fenomena Matahari Kembar dan Parhelic Circle
Pernahkah anda mendengar tentang fenomena matahari kembar dan Parhelic Circle? Mungkin bagi sebagian dari anda berpikir, apa itu fenomena matahari kembar dan Parhelic Circle. Memang agak asing juga istilahnya. Dan, pastinya, fenomena ini sangatlah langka dan saya pun sama sekali belum pernah melihatnya :| Berikut ini saya akan menjelaskan proses singkat terjadinya kedua fenomena alam ini.

Fenomena Matahari Kembar atau Sun Dog
Fenomena matahari kembar, atau istilah asingnya disebut Sun Dog, adalah suatu fenomena alam yang sangat langka yang terjadi di atmosfir yang ditandai dengan terbentuknya titik cahaya di langit. Kadang, cahaya cahaya ini bisa terlihat seperti bola yang membuat kita berpikir kalau cahaya ini adalah matahari lainnya. Terkadang disertai dengan halo yang melingkari matahari.
Fenomena ini terbentuk oleh es kristal hexagonal yang berada di awan cirrus selama musim dingin, sehingga mengakibatkan cahaya yang dipancarkan oleh matahari berbelok minimal 22°. Proses ini bisa disamakan dengan proses terciptanya pelangi.

Minnesota, 22 Januari 2005
Fenomena ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Namun, ia akan lebih mudah terlihat ketika matahari berada pada posisi yang lebih rendah di Horizon (saat terbit atau terbenam). Pada matahari terbit, matahari akan naik semakin tinggi, Sun Dog pun akan bergeser dari sudut 22 derajat. Ketika matahari menjadi lebih tinggi lagi, Sun Dog pun lenyap.
Umumnya Sun Dog berwarna merah ketika ia berada pada jarak terdekat dari matahari. Ketika ia semakin menjauh dari matahari, warnanya akan berubah mengarah ke biru.
Secara teoritis, Mars seharusnya memiliki fenonema Sun Dogs, karena di atmosfirnya terdapat es (air) dan es karbondioksida. Planet lainnya, seperti Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus memiliki awan amonia dan metana yang dapat memproduksi halo.

Harbin City, 14 November 2007
Fenomena Parhelic Circle
Parhelic circle adalah sebuah fenomena optikal yang muncul dengan bentuk garis lengkung putih pada garis yang sama dengan Matahari, begitu pula dengan Bulan. Biasanya, fenomena ini hanya terlihat sepotong. Akan tetapi, garis ini bisa membentuk lingkaran sempurna di langit, dalam kasus yang langka.

Parhelic Circle di atas Laut Mati, 7 Maret 2007
Sama seperti Sun Dog, Parhelic Circle juga terbentuk karena cahaya matahari yang dibelokkan oleh es kristal hexagonal. Namun, jika untuk mendapatkan Sun Dog kita harus memiliki es kristal hexagonal yang horizontal, maka untuk mendapatkan Parhelic Circle, es kristal hexagonal tersebut harus berada pada posisi vertikal atau hampir vertikal.
Fenomena Gabungan Sun Dog dan Parhelic Circle
Ini dia, sebuah maha karya seni yang mengalahkan lukisan Monalisa :D

North Dakota, 18 Februari 2009

Kutub Selatan - 11 Januari 1999

South Pole Station - January 1979


Sumber : WIKIPEDIA, XFILE-ENIGMA.BLOGSPOT.COM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel sejenis yang terbaru berdasarkan topik :



lintasberita

2 Komentar:

Next previous home